Monday, May 23, 2011

Jenis Minuman Campuran-Cocktail

Martini Cocktai
Di dunia ini, sangat banyak ada jenis-jenis minuman. karena saking banyaknya minuman-minuman campuran tersebut di kelompokan menjadi beberapa jenis.
Nah. mari kita pelajari masing-masing jenis minuman campuran berikut :



















 1  Tropical Drinks 
Tropical drinks merupakan minuman yang di dominasi oleh rasa buah-buahan dan asam. Tropical drinks biasanya campuran dari sour, seperti : sour mix, lemon juice, dan minuman yang mengandung alcohol pada jenis minuman campuran ini lebih dari satu jenis.
Contoh minuman Tropical Drinks yaitu : Bacardi Cocktails, Jack Rose, Long Island, Lynchburg Lemonade, Pina Colada, Hurricane, Bay Brezz, Mai Tai, Mojito, Blue Hawai, Sex On the Beach dan Sebagainya.



2.    Shooter
Minuman campuran ini hamper sama dengan cocktail. Perbedaannya adalah shooter mengandung banyak alkohol, dan bisa juga dalam 1 minuman jenis ini hanya terdiri dari campuran minuman berakohol saja, jadi minuman ini sengat memabukkan, dan biasanya minuman ini digunakan untuk perlombaan minum di bar-bar di luar negri seprti Amerika.
Shooter disajikan dakm ukuran kesil, di dalam shot glass atau gelas yang berukuran 1-2 oz . Shooter bisa dibuat dengan metode shaking, preparing, mixing, dan stirred.
Contoh Minuman : Black Bire Bite, Cement Mixer, Tequila Surprise Shooter, Sunset Shooter, Sweaty Shooter, dan Lemon shooter.

3.      Martini
Jenis minuman campuran ini biasanya didominasi oleh dry vermouth dan vodka atau gin, tetapi kini minuman campuran jenis ini sudah dibuat sedemikian rupa dengan campuran-campuran minuman lain dengan menggunakan sedikit dry vermouth. Jenis minuman campuran ini tercipta pada tahun 1870 di Martinez, California.
Contoh Minuman : A Lovely Pear, Anejo Kiss, Cielo Peachy Keen, Limon Martini, Bloody Martini, Blood Orange Martini, dan Blue Sea Martini.

4.      Rickey
Merupakan salah satu jenis minuman campuran yang hampir sama dengan jenis minuman campuran highball. Bahan dasarnya adalah spirit, perasan jeruk nipis, dan air soda.  Terkadang minuman campuran jenis ini tidak ditambahkan gula atau menggunakan gula sedikit saja. Sebenarnya bahan yang cocok untuk minuman jenis ini yaitu Bourboun Whisky.
Contoh Minuman : Apple Brandy Rickey, Apple Rum Rickey, Apricot Brandy Rickey, Cutty Rickey, City Rickey, Stone Rickey, Scoth Rickey, Irish Rickey Rumles Rickey, Sloe Gin Rickey, Lime Rickey.

5.      Jello Shot
Jello Shot merupakan jenis minuman campuran dengan menggunakan agar-agar (gelatin), liqueur, spirit (seperti : vodka, rum, grain alcohol, and tequila).
Semua rasa agar-agar dapat digunakan sesuai dengan spirit atau liquor yang digunakan. Jello Shot hanya mengandung 30 % alkohol.
Contoh Jello Shooot : Electric Watermelon, Jello shot Purple Hooters, Jello Shoot Starawberry Daiquiri, Long Island Ice Tea Jello Shoot, Peach Sloor Piece, Aquarium Jello, Midori Jello Shoot, Manggo Jello Shoot, Kamikaze Jello Shoot, Jello Colada.

6.      Frappe
Merupakan jenis minuman campuran yang dingin dengan metode blended ( diblender). Minuman ini paling popular Eropa dan Amerika. Minuman ini sebenarnya dibuat untuk musim panas dengan rasa manis, segar, dan sangat dingin. Di Amerika Utara, Milkshake digunakan dalam pem buatan minuman ini. Frappe bisa ditambahkan kopi, milkshake, minuman berakohol (spirit, liquor, etc) dan cream sehingga memenuhi karakter frappe yaitu kental.
Contoh Minuman : Amaretto Frappe, Banana Rum Frappe, Brandied Apricot Frappe, Cognac Mint Frappe, Fruit Frappe, Frappe Ramal


7.      Cobbler
merupakan minuman campuran yang berbahan dasar spirit, gula, dan fresh fruit (resep aslinya yaitu menggunakan wine). Minuman ini sudah ada sejak tahun 1830-an. Cobbler yang paling terkenal yaitu : Sherry Cobbler. Cobbler merupakan jenis minuman campuran yang memiliki cirri khas rasa manis dan segar.
Contoh Minuman : Whiskey Cobbler, Cream Sherry Cobbler, Monongahela Cobbler,

8.      Eggnog
merupakan minuman campuran yang berbahan utama telur. Eggnog biasanya dicampur minuman berakohol ( seperti : Brandy dan Rum) maupun minuman yang tidak berakohol ( seperti : milk, juice).
Contoh Minuman : Christmas Eggnog, Rum Eggnog, Vegan Eggnog.

9.      Hot Drink
Minuman campuran ini berbahan utama kopi panas, biasanya sering dihidangkan pada saat musim dingin. Selain itu minuman ini juga cocok sesudah makan (after dinner drink). Hot drink bisanya juga dicampur liquor, seperti : Amaretto, Bailey’s Irish Crème, dan Grand Marnier.
Contoh Minuman Hot Drink : Coco Loco.

10.  Long Drink
Sebagai pengiringnya dapat juga disajikan satu porsi kecil kacang bawang, keripik kentang, keripik ketela, atau ikan teri goreng.
Contoh Minuman Long Drink : Singapore Sling.

11.  Frozen Drinks
Jenis Minuman Campuran ini, biasanya kadar alcohol yang digunakan sangat sedikit, tetapi yang bahan yang paling banyak digunakan yaitu slush ice/crushed ice. Karakteristik lain dari minuman ini yaitu rasanya tidak terlalu manis. Minuman ini sangat cocok disajikan pada saat cuaca panas.
Contoh minuman Frozen Drinks : Strawberry Daiquiri.

12.  Sour
adalah kombinasi minuman spirit, jus buah dan gula atau pemanis lainnya. Dapat juga ditambahkan dengan soda. Sour dihidangkan dengan sour glass (gelas berkaki). Ciri khas sour adalah rasa yang asam.
Contohnya : Whisky Sour, Rum Sour, Scoth Sour, Gin Sour.

13.  Collin
merupakan salah satu “long drink” yang aslinya selalu dibuat dari gin atua jenis spirit lainnya dengan sari buah, syrup gula dan soda water. Pada mulanya ada dua Collin yang terkenal, yaitu : Tom Collin yang terbuat dari Old Tom Gin dan John Collin yang terbuat dari Dutch Gin. Kemudian Collins berkembang khususnya diInggris dan dibuat dari dry gin. Collin dihidangkan denga Collin glass.
Contoh : Tom Collin, Applejack Collin, Russian Monster Tom Collin, Jerry Collin, mint Collin, Maraschino Collin, Blackberry Vodka Collin, Lime Vodka Colin, Lemon Collin,Victory Collin.

14.  Squash
Pada dasarnya, squash adalah minuman campuran tanpa alcohol yang terbuat dari campuran antara fruit juice, syrup, dan air soda.
Contohnya : Orange Squash, Lime Squash, Lemon Squash squashed Frog

15.  Highball
adalah minuman campuran yang terdiri dari bahan dasar sprit, liqueur, atau wine ditambah mixer. Mixernya dapat berupa fruit juice, natural mineral water atau artificial mineral water. High ball dihidangkan dengan high ball glass.
Minuman tersebut pada  umumnya disajikan dengan es batu. Ada yang ditambah denga sepotong jeruk nipis yang dperas dan dimasukkan kedalam minuman bersama dengan kulitnya seperti pada Gin Tonic. Adapula yang tidak ditambah apa-apa seperti pada rum-coke, Whisky soda,dsn sebagainya.
Contohnya : Scotch dan Soda, Gin Tonic, Rum Coke, Brandy Ginger Ale.

16.  Cocktail
adalah minuman campuran semacam short drink (minuman yang diminum dalam wktu yang relative singkat) yang terbuat dari liquor atau wine dengan jus, telur atau bitter yang dibuat dengan cara stiring (diaduk) atau shaking (dikocok) dalam gelas atau shaker (alat pengocok). Dengan kata lain cocktail adalah minuman campuran yang terdiri dari paling sedikit satu bagian minuman berkadar alcohol tinggi dan bahan-bahan lain yang tidak mengandung alkohol dalam perbandingan tertentu.

Karena untuk membuat cocktail selalu dipergunakan es batu, maka kekuatannya atau kepekatannya tergantung pada lama waktukontak dengan es batu. Es batu yang mencair akan memperlemah liquornya.

Tujuan dari membuat cocktail adalah mencampur dua bahan atau lebih sehingga menghasilkan suatu minuman campuran yang nikmat, nyaman, dan menyenangkan untuk diresapi.
Cocktail yang baik hendaknya :
·         Dapat merangsang selera makan (aperitif cocktail)
·         Dapat memuaskan cita rasa dan mata.
·         Dapat menyegarkan.
Disamping sebagai aperitif (pembangkit selera) cocktail dapat dimnum setelah makan. Dengan demikian cocktail dapat dibedakan menjadi :
1.      Aperitif Cocktail, yaitu cocktail yang diminum sebelum makan, untuk merangsang nafsu makan. Cirinya adalah memiliki rasa asam, pahit, atau keras (dry).
Contoh : Dry Martini Cocktail, Gimlet, Dry Manhattan, Daiquiri.
2.      After Dinner Cocktail, yaitu cocktail yang dinikmati setelah makan. Cirinya yaitu memiliki rasa yang manis. Contohnya : Grasshoper, Pousse Café, Angel Tips.

Satu hal yang perlu diingat waktu membuat cocktail ialah bahwa es batu yang meleleh akan menambah ½ sampai ¾ oz bila cocktail dikocok 10 detik dalam shaker.
Cocktail pada umumnya disajikan dengan cocktail glass (berkaki) atau dengan champagne glass. Misalnya pada pink lady.

17.  Sling
Sling juga merupakan salah satu “Long Drink” yang merupakan campuran anatara minuman spirit yang berisi pemanis, sari buah lebih dari satu macam,Benedictine, dan air soda. Sling dihidangkan dengan Collin glass.
Contoh Sling : Gin Sling dan Singapore Sling.

18.  Punch
Punch yang asli dan yang paling sederhana terdiri dari rum, sirup, gula, jus buah dan air (panas atau dingin). Minuman spirit yang lain dan wine dapat digunakan sebagai minuman dasar punch. Punch yang paling terkenal adalah Planter’s Punch. Punch juga merupakan minuman long drink dan dihidangkan dengan Collin glass.
Ada pula punch yang tidak mengandung alkohol. Contohnya fruit punch. Punch dapat disajikan panas atau dingin.

19.  Fizz
Pada dasarnya fizz adalah sejenis minuman campuran sour seperti Collin dan sour dan dicampur dengan air soda. Fizz yang paling terkenal adalah “Gin Fizz” yang dibuat dari bahan dasar gin. Ada juga minuman fizz yang dicampur dengan telur.
Contoh Fizz : Silver Fizz, Golden Fizz, dan Royal Fizz.

20.  Chaser
Minuman campuran jenis ini biasanya dihidangkan segera setelah menghidangkan liquer untuk menetralkan rasa.
Contoh chaser : Pinchaser, Gloom Chaser, Coffe Chaser, V-Fuch Punch Chaser.
21.  Crusta
Merupakan minuman campuran dengan ciri khas rasa asam.
Contohnya adalah brandy crusta, gin crusta, Bourbon crusta, Mock Crusta.

22.  Daisy
Minuman dengan ukuran besar rasanya asam dan biasanya terbuat dari rum atau Gin. Contonya Daisy : Applejack Daisy, Bourbon Daisy, Brandy Daisy, Gin Daisy, Scotch Daisy, Vodka Daisy, canadian Daisy, canal Street Daisy.

23.  Fix
Merupakan minuman campuran yang hampir sama dengan Daisy.
Contonya adalah gremlin fixer, whisky fix, scotch fix

24.  Flip
Minuman yang disajikan dingin dengan karateristik kental yang didapat dari telur,bahan lainnya adalah gula,wine ,atau spirit.
Contohya adalah cream serry flip, verociousflip, sloe gin flip, dan sebagainya.

25.  Grog
Minuman campuran ini berbahan utama rum air,jus buah dan gula.
Contohnya adalah hot grog, American Grog, Almond Grog, Cappys Grog, Henry Morgans Grog, Navy Grog.

26.  Julet
Minuman campuran yang terdiri dari bahan dasar bourbon,mint,gula dan crushed ice. Contohnya adalah Blackberry Julet, Dixie Julet, Marryats Mint Julet, Peach Brandy Julet, Rainbow Julet dan sebagainya.

27.  Lowball
Shot drink yang terbuat dari spirit yang dihidangkan dengan ice.
Contohnya adalah spicy fruit lowball.

28.  Posset
Minuman campuran ini terdiri dari heated ale atau wine dengan susu,telur,dan bumbu. Minuman ini hampir sama dengan eggnog.

29.  Puff
Adalah sebuah tradional afternoon drink. Terbuat dari spirit dan milk top with soda water.
Contoh Puff : Brandy Puff, Blueberry Sour Puff, Viva Puff, Puff the Magic daiquiri.

30.  Smash
Sama seperti Jullet. Terdiri dari liqueur,gula dan mint.
Contohnya adalah Brandy smash, Side Smasher, Pumkin Smash, Raspberry Lime Smasher.

31.  Sweet And Sour Mix
Minuman campuran dengan menggambungkan minuman dasarnya rasa manis dengan minuman dasar rasa asam.


bagaimana?? ada sedikit bayangan tentang cocktail atau minuman campuran??
setelah kamu tw tentang jenis-jenisnya, setelah ini saya akan posting lagi dengan detail yang lebih dalam, tentang metodenya, contoh gambar, dan lebih banyak Resep Minuman campuran. ditunggu yha. 

No comments:

Post a Comment